IKHLAS

16 Nov

IKHLAS

Ikhlash artinya suci bersih, murni, jernih dari pencemaran. Ibnul Qoyyim Al Jauzy mengatakan bahwa ikhlash adalah mengesakan Allah yang haq dalam berniat melakukan ketaatan, bertujuan hanya kepada-Nya tanpa mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.

Pengertian ikhlas menurut syara yang diungkapkan oleh Ibnul Qayyim Rahimahullah adalah:”Mengesakan Allah yang hak dalam berniat melakukan ketaatan, bertujuan kepadaNya tanpa mempersekutukanNya dengan sesuatu apa pun”

Kalau membicarakan niat berarti membicarakan tauhid. Yaitu amalan untuk mengesakan Allah dengan tidak mencampuradukan dengan yang lain di dalam berniat melaksanakan ketaatan. Ikhlas itu berada didepan, niat sebagaimana hadits NAbi innamal a’malu bin nyat, lillahi ta’ala semata-mata karena Allah.

Ulama – ulama salaf juga memberi pengertian tentang Ikhlas yaitu

  1. Melakukan amal karena Allah semata, tiada bagian selain Allah didalamnya
  2. Mengesakan Allah yang hak dalam berniat melakukan ketaatan
  3. Membersihkan amal dari perhatian makhluk
  4. Membersihkan amal dari setiap pencemaran yang dapat mengeruhkan kemurniannya

Allah SWT berfirman:

!$tBur (#ÿrâÉDé& žwÎ) (#r߉ç6÷èu‹Ï9 ©!$# tûüÅÁÎ=øƒèC ã&s! tûïÏe$!$# uä!$xÿuZãm (#qßJ‹É)ãƒur no4qn=¢Á9$# (#qè?÷sãƒur no4qx.¨“9$# 4 y7Ï9ºsŒur ß`ƒÏŠ ÏpyJÍhŠs)ø9$# ÇÎÈ

5. Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus. (98/5).

Dalam ayat tersebut ada 2 aspek ikhlas:

  1. Liya’budullaha, bermakna ketauhiidan, habluminnallah.
  2. Mukhlisina lahud din, memurnikan dien Islam, habluminannas.

Beribadah itu harus memurnikan Dien yang mencakup: Rubbubiyah, Mulkiyah dan Uluhiyah dan ketiga-tiganya tidak boleh dipisah-pisahkan karena memisahkannya menjadikan kesyirikan.

Lawan dari IKHLASH adalah SYIRIK.

ö@è% ÓÍ_¯RÎ) ÓÍ_1y‰yd þ’În1u‘ 4’n<Î) :ÞºuŽÅÀ 5OŠÉ)tGó¡•B $YYƒÏŠ $VJuŠÏ% s’©#ÏiB tLìÏdºtö/Î) $ZÿŠÏZym 4 $tBur tb%x. z`ÏB tûüÏ.Ύô³ßJø9$# ÇÊÏÊÈ

Katakanlah: “Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus, (yaitu) agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus, dan Ibrahim itu bukanlah Termasuk orang-orang musyrik”. (al An’am (6): 161).

Hanif: berpaling dari syirik secara yakin atas dasar ‘ilmu.

Allah berfirman:

“Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya; dan demikian Itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)”. (DS. AL An’am: 162-163).

Ayat 162 menyatakan sebuah pengakuan bahwa ibadah hanya lillahi ta’ala, merupakan statemen keikhlasan, dilanjutkan dengan pernyataan tidak adanya kesyirikan secara tauhid “tidak ada sekutu bagiNya” di ayat 163.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak akan menerima amalan kecuali yang ikhlas dan dilakukan demi mengharap wajah-Nya.” (HR. Nasa’i dari Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu’anhu, sanadnya hasan, dihasankan oleh al-Iraqi dalam Takhrij al-Ihya’)

ORANG YANG PALING BAIK AGAMANYA ADALAH MUKHLISHIN

ô`tBur ß`|¡ômr& $YYƒÏŠ ô`£JÏiB zNn=ó™r& ¼çmygô_ur ¬! uqèdur Ö`Å¡øtèC yìt7¨?$#ur s’©#ÏB zOŠÏdºtö/Î) $Zÿ‹ÏZym 3 x‹sƒªB$#ur ª!$# zOŠÏdºtö/Î) WxŠÎ=yz ÇÊËÎÈ

125. dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya.

 

 

 

 

 

 


[1] Lurus berarti jauh dari syirik (mempersekutukan Allah) dan jauh dari kesesatan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: